Kamis, 11 Agustus 2016



Merontokkan Karang Gigi Kalau Tahu Caranya

Karang gigi merupakan mineral deposit berwarna kuning atau cokelat yang menempel pada gigi, yang dapat menyebabkan periodontitas, terutama jika dibiarkan begitu saja tanpa ada upaya untuk membersihkannya.
Untuk menghilangkan karang gigi, kebanyakan orang akan pergi ke dokter, tetapi sebenarnya, Anda juga dapat melakukan prosedur ini sendiri di rumah.
Tapi yang perlu diingat adalah, cara ini tidak akan menghilangkan karang gigi secepat yang dilakukan oleh dokter gigi. Untuk menghilangkan karang yang menumpuk, ada beberapa pilihan pengobatan.
Bahan-bahan yang diperlukan adalah:
1.       Hidrogen peroksida
2.       Air
3.       Bubuk soda kue
4.       Garam
5.       Antiseptik pencuci mulut
6.       Dental pick
7.       Sikat gigi

Caranya:
Campurkan satu cangkir hidrogen peroksida dengan 1/2 cangkir air hangat, kemudian kumurlah dengan campuran tersebut selama satu menit. Buang, kemudian bilas dengan 1/2 cangkir air dingin.
Alat yang paling umum dan efektif untuk menyingkirkan karang gigi adalah baking soda. Campurkan 1 sendok makan baking soda dengan 1/2 sendok teh garam dalam cangkir. Kemudian, rendam sikat gigi dalam air hangat dan celupkan dalam campuran. Mulailah menyikat gigi Anda menggunakan campuran tersebut. Seluruh proses harus dilakukan selama 5 menit.
Bilas mulut dengan antiseptik pencuci mulut.
Gunakan dental pick untuk membersihkan karang pada gigi. Lakukan dengan hati-hati, agar tidak mengikis dan merusak gusi Anda.

Untuk mendapatkan gigi putih bak mutiara dan senyum yang indah ikuti tips di bawah ini:
1. Konsumsi keju.
Konsumsilah keju Swiss atau cheddar sebelum makan, hal tersebut akan membantu menetralkan asam penyebab karang gigi.

2. Stroberi dan tomat.
Tomat dan stroberi merupakan buah yang menakjubkan untuk menjaga kesehatan mulut, karena keduanya kaya akan vitamin C. Keduanya mampu memutihkan gigi dan melembutkan karang gigi. Cukup gosokkan langsung tomat dan stroberi ke gigi dan diamkan selama 5 menit. Anda dapat melakukan cara yang sama, menggunakan makanan lain yang juga kaya vitamin C, seperti jeruk nipis, jeruk, lemon, paprika dan pepaya. Setelah itu, bilas mulut Anda menggunakan campuran yang terbuat dari baking soda dan air hangat.

Berikut tips untuk menjaga kesehatan mulut:
Anda harus teratur menggunakan benang gigi.
Bersihkan mulut Anda secara alami menggunakan air liur yang dipicu dari makanan pedas yang akan menghasilkan kelenjar ludah.
Untuk mencegah bakteri berkembang biak, gosok gigi menggunakan kulit jeruk sebelum tidur tanpa dibilas.
Saat menyikat gigi, gunakan sikat gigi yang lembut dan buat gerakan vertikal. Pastikan untuk selalu membersihkan ruang antara gusi dan gigi.

Cara sama
Meskipun bentuknya kecil, namun gigi Anda mampu menjadi hal pertama yang diperhatikan oleh orang lain saat Anda berbicara. Jika gigi Anda bersih cemerlang, maka penampilan Anda pun akan terlihat lebih maksimal. Namun jika gigi Anda kusam serta penuh dengan karang gigi, bisa jadi Anda akan mendapatkan image sebagai orang yang kurang menjaga kebersihan. Selain itu ancaman penyakit mulut dan gigi akan berdatangan saat gigi Anda penuh dengan karang gigi.

Karang gigi sendiri merupakan sisa makanan yang menempel di gigi dan tidak dibersihkan dengan sempurna sehingga kemudian menjadi kerak. Lama-kelamaan kerak ini akan mengeras dan terlihat seperti karang. Cara yang paling umum ditempuh untuk membersihkan karang gigi adalah dengan pergi ke dokter gigi. Namun dengan ramuan di bawah ini Anda bisa melakukan pembersihan karang gigi sendiri di rumah. Caranya?

Hal yang pertama adalah siapkan hidrogen peroksida dengan air hangat sebanyak 1 cangkir. Kemudian campur hidrogen peroksida tersebut dengan air hangat. Setelah itu berkumurlah dengan campuran ini dan akhiri dengan berkumur menggunakan air dingin.
Langkah kedua adalah rendam sikat gigi Anda dengan campuran air hangat dan baking soda. Setelah itu gosoklah gigi Anda seperti biasa selama kurang lebih 5 menit.
Setelah menggosok gigi, berkumurlah lagi menggunakan obat kumur.
Terakhir, bersihkan karang gigi yang tersisa menggunakan dental floss. Lakukan secara perlahan agar tidak melukai gusi Anda.
Selain menggunakan cara di atas, Anda bisa mengunyah stroberi atau keju secara teratur untuk membuat karang gigi enggan tumbuh di gigi Anda.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Mantaf